'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
'Aisyiyah Memanfaatkan Pekarangan Cegah krisis Pangan Ditengah Pandemi Covid-19
28 Mei 2020 19:58 WIB | dibaca 140

Sumber : Erna sulistyani 

Ditengah pandemi covid-19 yang ditengarai menimbulkan krisis pangan untuk pemenuhan kebutuhan pangan dengan optimalisaasi pemanfaatan lahan pekarangan. Bu Erna memanfaatkan pekarangan belakang sekolah untuk menanam singkong, hasilnya dapat dinikmati bersama dan sebagain dijual.

Sumber : Wiwik

Pekarangan menjadi sangat potensial sebagai sumber pangan keluarga ditengah ancaman pandemi ini. Ibu Wiwik dari Dukun memanfaatkan pekarangan disekitar rumahnya dengan berbagai tanaman yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan sehari-hari. contohnya tanaman selada ditanam dengan media polibag yang diletakkan diatas kolam ikan.

Kebun disampig rumah dimanfaatkan untuk menanam cabe, sledri, pepaya, daun kemangi, tomat dan lain sebagainya. Menghadapi kondisi pandemi dan kekeringan, masyarakat harus mampu mnyediakan pangan sendiri, harus mampu memproduksi sendiri.

Pimpinan Daerah 'Aisyiyah kab. magelang berharap setiap rumah dapat  memanfaatkan pekarangan untuk pemenuhan pangan dan gizi keluarga, akan tetapi dapat meningkatkan pendapatan keluarga utamanya di masa pandemi seperti saat ini.

 

editor : LPPA Kab. Magelang

Shared Post: