'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Giat hari ini BSA Babadan Paten
26 Februari 2020 23:03 WIB | dibaca 15

 

Giat BSA Babadan paten hari ini

 

Rabu, 26 Fbruari 2020 Giat hari ini di Balai Sakinah 'Aisyiyah Babadan Paten. Kegiatan diawali dengan senam dulu termasuk senam 6 langkah  cuci tangan di pandu oleh Ibu Sulasih Guru PAUD 'Aisyiyah Insan Mulia 2 Babadan. acara di lanjut kan dengan materi STUNTING. apa itu stunting? Stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam aktu yang lama. Di Indonesia merupakan negara nomor empat dengan angka stunting tertinggi di dunia.
Fakrot lingkungan yang berperan dalam menyebabkan peraawakan pendek lain status gizi ibu, tidak cukup protein dalam proporsi total asupan kalori, pola pemberian makan kepadaanak, kebersihan lingkungan, dan angka kejadian infeksi di awal kehidupan seorang anak. Selain faktor linkungan, juga dapat disebabkan oleh faktor genetik dan hormonal. akan tetapi, sebagian besar perawakan pendek disebabkan oleh malnutrisi.
Jika gizi tidak dicukupi dengan baik, dampak yang ditimbulkan memiliki efek jangka pendek dan efek jang ka panjang. Gejala stunting jangka pendek meliputi hambatan perkembangan, penurunan fungsi kekebalan perkembangan otak yang tidak maksimal yang dapat mempengaruhi kemampuan mental dan belajar tidak maksimal, serta prestasi belajar yang buruk. Sedangkan gejala jangka panjang meliputi obesitasm penurunan toleransi glukosa, penyakit jantung koroner, hipertensi, dan Osteoporosis.
Untuk mencegah stunting, berikan ASI eksklusif sampai 2 tahun, MP ASI yang cukup gizi, Imunisasi lengkap, rutin periksa kesehatan, menimbang berat badan, ukur tinggi badan. Kemudian konsumsi protein sangat mempengaruhi pertambahan tinggi dan berat badan anak di atas 6 bulan. anak yang mendapat asupan protein 15 persen dari total asupan kalori yang dibutuhkan terbukti memiliki badan lebih tinggi dibandingkan anak dengan asupan protein 7,5 persen dari total asupan kalori. anak usia 6 sampai 12 bulan dianjurkan mengkonsumsi protein harian sebanyak 1,2 g/kg berat badan. Sementara anak usia 1-3 tahun membutuhkan protein harian sebesar 1,05 g.kg berat badan.
 

 

 

sumber : B wiwik

Shared Post: