'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Konsolidasi Nasional Program Mampu 'Aisyiyah
03 November 2019 19:39 WIB | dibaca 755

Konsolidasi Nasional Program Mampu 'Aisyiyah 

Yogyakarta, 31 Oktober – 2 November 2019. Konsolidasi Nasional Program Mampu 'Aisyiyah yang diadakan di Aula Kantor PP ‘Aisyiyah, Jl. Ahmad Dahlan No. 32 Yogyakarta. Kegiatan tersebut dihadiri dari berbagai wilayah di Indonesia dan Daerah 'Aisyiyah.

Penguatan kepemimpinan perempuan untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan reproduksi perempuan yang menjadi tema program MAMPU-‘Aisyiyah selaras dengan pelaksanaan program hasil Muktamar ‘Aisyiyah ke-47, di Makasar, pada 2015 lalu. Dengan demikian Program MAMPU-‘Aisyiyah merupakan bagian dari program organisasi sebagai akselerasi (percepatan) dan piloting (model) pelaksanaan program organisasi. 

Berdasarkan hasil pertemuan Mitra MAMPU dan surat yang disampaikan oleh MAMPU tentang Penyusunan Perubahan Workplan dan Anggaran Mitra MAMPU, terdapat rencana Extention (Perpanjangan) Program MAMPU oleh Mitra MAMPU hingga Juni 2020. Beberapa hal penting terkait Extention Program ini antara lain bahwa pelaksanaan program akan berfokus pada Collective Action (Aksi Bersama) yang mencakup lima (5) kluster, yaitu Kerja Layak dan Potensi Ekonomi, Layanan Sosial Dasar, Penghapusan Kekerasan Terhadap Perempuan, Ketahanan Demokrasi, dan lintas kluster melalui isu perkawinan anak. Program MAMPU-‘Aisyiyah memfokuskan pada kluster Layanan Sosial Dasar serta Kerja Layak dan Potensi Ekonomi dengan tetap menjalankan inovasi-inovasi yang telah diinisiasi di masing-masing daerah.

Dengan demikian diperlukan proses evaluasi dan konsolidasi program yang dimaksudkan untuk, pertama, mendapatkan pembelajaran serta melihat kontribusi pelaksanaan program pada tahun 2019 dalam kerangka teori perubahan program MAMPU, pencapaian tujuan Program MAMPU-‘Aisyiyah, dan penguatan organisasi. Kedua, mengembangkan strategi pelaksanaan program MAMPU sesuai dengan fokus agenda aksi kolektif.

Konsolidasi Nasional sebagai pertemuan tingkat nasional yang diikuti oleh semua pelaksana program MAMPU-‘Aisyiyah di 15 kabupaten dan Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA), diharapkan dapat menjadi wadah untuk melakukan evaluasi internal pelaksanaan program, mengetahui dampak pelaksanaan program, berbagi good practice, menghasilkan pembelajaran sebagai pengetahuan organisasi, dan menguatkan kembali arah pelaksanaan program dalam konteks dakwah ‘Aisyiyah.

Tim Jateng ( Cilacap, Demak, Tegal, Kab.Magelang)

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari