'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LKSA PAY Putri Aisyiyah kab. Magelang Menerima Charity Dari AEPI
01 November 2022 08:22 WIB | dibaca 53

LKSA PAY Aisyiyah Kab. Magelang

 

Bertempat di Marga Utama Candi Borobudur Magelang, Asosiasi Eco-printer Indonesia (AEPI) menyalurkan dana charity kepada Panti Asuhan Yatim Putri (PAYP) ‘Aisyiyah Daerah Kabupaten Magelang pada Sabtu (29/10). Charity ini merupakan salah satu dari rangkaian acara The Borobudur International Ecoprint Flag (TBIEF) 2022, di mana salah satunya adalah penggalangan dana melalui lelang hasil karya kain ecoprint.

The Borobudur International Ecoprint Flag 2022 ini merupakan event International pertama AEPI dengan peserta lebih dari 300 orang ecoprinter yang terdiri dari Pengurus AEPI Pusat, Pengurus AEPI Wilayah, serta anggota AEPI yang tersebar di enam wilayah, yaitu tuan rumah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sumatera, Kalimantan dan Kawasan Indonesia Timur (KTI), dan sepuluh anak asuh dan satu orang pendamping dari PAYP ‘Aisyiyah.

Rangkaian kegiatan pada gelaran ini antara lain penanaman pohon, foto Kebaya Goes To Unesco, Talkshow bersama Ketua AEPI Pusat Puthut Ardianto dan Ecoprinter Australia Penny Jewel, dan juga ngeco bareng kolaborasi ecoprinter Indonesia Masrur Arae bersama Penny Jewel, dan penggalangan dana untuk charity melalui lelang hasil karya ecoprint.

Kain ecoprint yang dilelang adalah karya ecoprinter asal Australia Penny Jewel dan Masrur Arae, yang bundelnya dibuka oleh beberapa pengurus AEPI Pusat, sesepuh AEPI, serta para tamu VVIP yang hadir pada gelaran akbar inir. Dari hasil lelang ini terkumpul 15 juta rupiah, yang seluruhnya didonasikan kepada PAYP ‘Aisyiyah Daerah Kabupaten Magelang.

Ketua AEPI Pusat Puthut Ardianto menyerahkan donasi secara simbolis kepada perwakilan PAYP ‘Aisyiyah Taryati bersama sepuluh anak asuh serta pendamping dari panti Eko Widiastuti yang mengikuti kegiatan ini. Puthut didampingi oleh Ketua Panitia TBIEF 2022 Bustanul Arifin dan beberapa Pengurus AEPI Pusat di antaranya Sekretaris AEPI Inen Kurnia dan Hesti, Bendahara AEPI Wirasanti serta beberapa pengurus lainnya.

Bustanul Arifin yang kami hubungi melalui pesan singkat WhatsApp mengatakan, “latar belakang dari adanya penggalangan dana charity ini adalah untuk menunjukkan bahwa AEPI adalah sebuah asosiasi yang kegiatannya tidak hanya ngeco bareng, fashion show tetapi juga ada kegiatan lain yang bersifat sosial kemasyaraktan di antaranya adalah charity.”

“Tujuan dari charity ini adalah untuk memberikan kesadaran kepada pelaku dan penikmat ecoprint agar memiliki jiwa solidaritas serta jiwa sosial yang tinggi serta memberikan manfaat bagi sesama,” jelas Bustanul lebih lanjut.

Bustanul berharap dana charity ini bisa dimanfaatkan untuk kegiatan di Panti Asuhan, di antaranya untuk mengembangkan ecoprint yang telah dirintis oleh anak asuh dan pengurus panti.

Risa Istiqomah, salah satu anak asuh yang mengikuti kegiatan ini merasa sangat bangga dan senang bisa ngeco bareng bersama para ecoprinter dari berbagai wilayah di Indonesia dan bertemu ecoprinter dunia Penny Jewel dari Australia.

“Saya sangat senang dan bangga bisa ketemu sama miss Penny Jewel dari Australia. Kami jadi bersemangat, termotivasi untuk lebih menekuni ilmu membuat ecoprint yang sudah diajarkan oleh pengurus kami,” ujar Risa. “Sekarang kami jadi bangga memakai kain ecoprint yang kami buat sendiri, walaupun hasilnya belum sebagus hasil karya ibu ibu yang di sini,” kata Aulia menambahkan. (Tar/sb)

 

 

Sumber : https://suaraaisyiyah.id/aepi-berikan-dana-lelang-charity-untuk-panti-aisyiyah-kabupaten-magelang/

 

 

LPPA PDA Kab. Magelang

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari