'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
LLHPB PDA Kab. Magelang Bersama Mahasiswa PPMT Universitas Muhammadiyah Magelang Mengadakan Kegiatan Pembuatan Pupuk organik Cair
18 Oktober 2020 18:59 WIB | dibaca 30

 

LPPA Kab. Magelang
 
Pada hari ini Ahad,18 Oktober 2020 LLHPB PDA Kab Magelang bersama mahasiswa PPMT Univrsitas Muhammadiyah Magelang mengadakan kegiatan pembuatan pupuk organik cair. Kegiatan dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 10.00 bertempat di Panti Asuhan Yatim Pay Putri Aisyiyah Daerah Kab Magelang. 
  
 
Kegiatan dimulai dengan pembukaan dan langsung dimulai kegiatan inti pembuatan pupuk organik cair. Bahan yang disiapkan yaitu 1 karung kotoran ayam,1/2 karung dedak, 30 kg hijau-hijauan (misalnya  jerami, gedebog pisang, daun-daunan), 100 gram gula merah, 50 ml EM4, dan air secukupnya.
Alat yang dibutuhkan  ember ukuran 5 liter, selang 1 meter dengan diameter 0,5 cm, pengaduk, botol plastik bekas ukuran 1 liter.
Cara pembuatan :
  1. Campurkan EM 4, gula merah dengan 5 liter air aduk sampai hancur dan rata.
  2. Masukan hijau-hijauan yang sudah dirajang ke dalam larutan gula dan EM 4.
  3. Setelah tercampur masukkan ke dalam ember bertutup yang sudah disiyapkan, kemudian ditutup rapat dan tutupnya dilubangi sebesar selang kemudian selang disambungkan ke botol plastik yang sudah berisi air.
  4. Tutup rapat diamkan selama 7-10 hari, setelah itu bisa digunakan untuk menyiram tanaman dan disaring terlebih dahulu untuk memisahkan ampasnya. Ampasnya bisa digunakan sebagai pupuk padat organik.
  
hasil pupuk organik cair
 
Demikian kegiatan hari ini semoga bermanfaat ,sekian dan terimakasih .
Shared Post: