'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pelatihan Ecoprint Tim PDA Kabupaten Magelang Dalam rangka Peningkatan Ekonomi Perempuan
16 Januari 2022 15:05 WIB | dibaca 142

Pelatihan Ecoprint

Ahad (16/1/2022). Tim Ecoprint PDA Kabupaten Magelng mengadakan pelatihan ecoprint bagi seluruh cabang. Kegiatan berpusat di PAY Putri 'Aisyiyah Kab. Magelang di Batikan Mungkid. Tema pelatihan adalah "Peningkatan Ekonomi Perempuan" di Kab. Magelang. Peserta dari tiap cabang mengirimkan masing-masing 2 peserta, sehinggan jumlah keseluruhan ada 34 peserta yang mengikuti kegiatan. 

Acara di buka dngan sambutan dari Ketua PDA Kab. Magelang Dra. Nida Ul Hasanah yang menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat utamanya untuk meninkatkan ekonomi perermpuan terlebih di masa andemi saat ini. 

Kemudian dilanjutkan dengan ngecoprint bareng dengan cabang-cabang lain. Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ecoprint ini. Mulai dari proses mordan kain mencelupkan ke dalam tunnjung selama 15 menit dan mencelupkan kain blanket ke dalam zat warna alam yang elah disediakan.

Tahap berikutnya mulailah tata daun sesuai selera, kemudian tutup dengan kain blanket dan plastik, siap untuk digulung dan di kukus. Setelah kurang lebih 1.5 sampai dengan 2 jam. Sambil menunggu proses kukus, peserta diberikan penjelasan mengenai daun-daun yang bisa digunakan untuk ecoprint, serta jenis kain dan mordan yang digunakan untuk praktik hari ini.

Diakhir pelatihan peserta membawa masing-masing hasil paktiknya untuk didokumentasikan.

 

 

anis LPPA 

 

 

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari