'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Pengajian rutin PRA Pabelan Cabang Mungkid Magelang
30 November 2019 19:27 WIB | dibaca 138
Pengajian rutin Pimpinan Ranting 'Aisyiyah Pabelan
 
Pengajian rutin PRA Pabelan Cabang Mungkid Magelang, Sabtu 30 November 2019 bertempat di PAUD 'Aisyiyah Blangkunan, dihadiri sekitar 70 anggota Tausiah diisi Ibu Dra. Hamidah wakil ketua PCA Mungkid mengambil tema : Akhlak Terhadap Alloh.

Di antara salah satu misi dakwah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah untuk menyempurnakan akhlak manusia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلَاقِ

“Sesungguhnya aku hanyalah diutus untuk menyempurnakan akhlak yang luhur.” (HR. Ahmad no. 8952 dan Al-Bukhari dalam Adaabul Mufrad no. 273. Dinilai shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Adaabul Mufrad.)

Dalam hadits di atas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan “menyempurnakan akhlak”; dan bukan mengajarkan akhlak dari nol setelah sebelumnya tidak tahu sama sekali. Hal ini karena dulu masyarakat musyrik jahiliyyah telah memiliki sebagian bentuk akhlak yang luhur sebelum diutusnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, di antaranya adalah menepati janji; memuliakan tamu; dan suka memberi makan orang yang membutuhkan. Sehingga akhlak-akhlak yang baik itu dipertahankan, sedangkan akhlak mereka yang tidak sesuai dengan ajaran Islam, itulah yang menjadi sasaran perbaikan.

Simak selengkapnya disini. Klik https://muslim.or.id/46861-memprioritaskan-akhlak-kepada-allah.html
Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari