'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Peringati Bulan Peduli Kanker Payudara, ‘Aisyiyah Magelang Launching Gerakan Infaq Sayang Ibu
17 Oktober 2016 20:00 WIB | dibaca 537

Minggu (9/10) PimpinanDaerah ‘Aisyiyah Magelang turut memperingati bulan peduli kanker payudara dengan mengadakan kegiatan Pink Blue Day bersamaan dengan Rapat Kerja Pimpinan Daerah. Acara yang bertempat di Fakultas Ilmu Kesehatan Kampus 2 Universitas Muhammadiyah Magelang ini dihadiri lebih dari 500 undangan dan dibuka oleh Ibu Bupati Kabupaten Magelang, Tanti Zaenal Arifin, SE.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan launching program ‘Aisyiyah yakni Gerakan Infaq Sayang Ibu (GISI) yang bekerjasama dengan amil zakat LazisMu. GISI merupakan suatu gerakan pemanfaatan zakat dengan penyalurannya untuk membantu mengatasi masalah kesehatan reproduksi perempuan. Launching GISI ditandai dengan pembagian kotak infaq GISI serta melakukan tanda tangan deklarasi cegah kanker serviks dan cegah kanker payudara.

Menurut Pratiwi Retno Wulandari selaku koordinator program ‘Aisyiyah MAMPU di PDA Magelang setelah peluncuran resmi GISI di Magelang ini diharapkan masyarakat akan lebih peduli dan saling membantu untuk mengatasi masalah kesehatan perempuan. “Dengan adanya GISI bisa dimanfaatkan untuk pencegahan AKI , pencegahan juga pengobatan kanker serviks dan kanker mamae serta problem kesehatan ibu yang lain” ujar Wulan.                        

Wulan sangat bersyukur karena respon pemerintah sangat mendukung dan mengapresiasi program-program ‘Aisyiyah yang sangat peduli dengan kesehatan perempuan. “Dengan adanya dukungan dari pemerintah tentu akan mempermudah kader ‘Aisyiyah dalam menjalankan program sehingga bisa semakin bermanfaat bagi perempuan di Magelang” tandas Wulan.                        

Wulan menyampaikan bahwa serangkaian acara seperti senam jantung sehat dan bugar, donor darah dan juga bazar produk ibu-ibu binaan ‘Aisyiyah yang dikenal dengan Bina Sakinah ‘Aisyiyah turut menyemarakkan acara dan cukup menarik minat pengunjung. Pengunjung juga cukup antusias dengan tes IVA yang dilaksanakan.

Wulan menambahkan bahwa akan dilaksanakan pemeriksaan lanjutan IVA yakni Pap Smear “Permintaan dari peserta tes sangat banyak, terlebih dari pemeriksaan IVA diketemukan enam orang yang positif dan juga banyak diketemukan keluhan keputihan karena itu kami putuskan untuk melanjutkan dengan pemeriksaan Pap Smear”. Pemeriksaan Pap Smear tersebut menurut Wulan akan dilaksanakan pada akhir bulan Oktober dan bekerjasama dengan Lab Cito, BPJS, Fikes UMM juga Majelis Kesehatan ‘Aisyiyah.

                                                                                      

Shared Post: