'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Sosialisasi Bank Sampah PDA Kabupaten Magelang
14 Agustus 2019 19:37 WIB | dibaca 8

Rabu, 14 Agustus 2019. Dalam rangka penggalakan pengelolaan sampah diadakan sosialisasi bank sampah yang diselenggarakan oleh Majelis Ekonomi dan Majelis Kesehatan PDA Kabupaten Magelang yang bertempat digedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari perwakilan PDA Kabupaten Magelang Ibu Hj. Muntowiyah, S.Pd.I. pada kesempatan ini beliau menyampaikan dukungannya terhadap pengelolaan sampah di Kabupaten Magelang ini supaya bermanfaat.

Narasumber pada kesempatan ini adalah Bapak Sugiyarto yang memaparkan kondisi lingkungan dengan adanya sampah, terutama didaerah Magelang yang dinyatakan sebagai darurat sampah. Setelah diberikan gambaran tersebut, narasumber memberikan penjelasan terkait pengelolaan sampah berikut jenis-jenis sampah dan bagaimana menjadikan sampah sebagai bahan berinovasi. Beliau mengajak masyarakat untuk sadar terhadap sampah dan bagaimana mengelola sampah agar bermanfaat. 

Harapan kedepan masyarakat memiliki kepedulian terhadap sampah yang nantinya akan bisa mendapatkan manfaat dari sampah ketika dikelola dengan baik dan benar, yakni dengan memilah yang selanjutnya menghasilkan nilai jual. Misal memisahkan antara sampah platik dan sampah organik. Sampah plastik dapat dimasukkan ke dalam karung dan dibedakan jenis plastiknya. Sementara sampah organik dapat dengan membuat lubang biopori atau membuat lubang untuk dikubur  yang akan menghasilkan pupuk organik.

Selain sampah plastik dan sampah organik, narasumber juga memaparkan pengolahan terkait sampah pempers dan pembalut yakni dengan mengubur sampah tersebut dan menaburinya dengan kaporit atau gamping. Maka sampah tersebut akan terurai dengan sendirinya.

Diakhir sesi dilanjutkan dengan tanya jawab berkaitan dengan pengelolaan sampah dan daerah mana saja yang sudah dapat mengelola sampah dengan baik. acara selesai pada pukul 11.35. 

Shared Post: